Mengenal dasar dasar Flash CS

Mengenal dasar dasar Flash CS

Secara umum flash CS(yang berapa aja) digunakan untuk membuat sebuah animasi, dan bisa juga untuk program apliaksi seperti media pembelajaran, banyak dari mahasiswa yang  masuk ke jurusan komputer  membuat tugas akhir atau skripsi menggunakan Flash maupun itu media pembelajaran atau games, dan pasti banyak mahasiswa yang mencari tutorial dari google, maka dari itu saya ingin mengeshare ke kamu kamu yang mau mencoba belajar atau yang emang mau bikin skripsi menggunakan flash, untuk lebih jelas nya apa itu flash bisa lihat refrensi saya di wikipedia


mengenal interface Flash CS


  • Menu Bar : menu bar adalah barisan menu berisi kumpulan perintah yang digunakan pada flash CS

Mengenal dasar dasar Flash CS

  • Toolbar : toolbar merupakan barisan menu yang ditandai dengan beraneka ikon. Toolbar gunanya buat jalan pintas toolbar bisa ditemiun di windows>toolbars.

Mengenal dasar dasar Flash CS


  • Stage : merupakan bagian dari flash CS yang digunkan untuk membuat dan meletakkan objek

Mengenal dasar dasar Flash CS

  • Timeline : Timeline berisi berbagai frame yang berfungsi mengontrol objek yang dimainkan, selain itu timeline juga dapat digunakan untuk menentukan kapan suatu objek ditampilkan. Timeline terbagi menjadi 3 bagian, antara lain:

Mengenal dasar dasar Flash CS

  1. -layer : layer merupakan susunan atau lapisan yang terdiri dari kumpulan objek atau komponen gambar,teks atau animasi.Urutan posisi layer akan memengaruhi urutan tampilanya objek yang dianimasikan.
  2. -frame : merupakan bagian dari flash cs yang terdiri dari segmen segmen yang akan dijalankan secara bergantian dari kiri ke kanan.
  3. -playhead : merupakan penunjuk posisi frame pada saat dijalankan. Playhead ditandai dengan garis vertical berwarna merah.

  • Toolbox : Bagian dari Flash CS yang terdiri dari berbagai tool yag berfungsi  membuat gambar, memilih objek, dan memanipulasi objek yang merupakan komponen dari stage. Toolbox terbagi menjadi 4 bagian:

Tools : merupakan bagian dari toolbox yang berfungsi membuatobjek gambar, memberi warna objek, memilih, dan memodifikasi objek.
Mengenal dasar dasar Flash CS
View : Bagian dari toolbox yang digunakan untuk mengatur tampilan stage. Tools-view ini biasanya digunakan pada saat pengeditan objek pada stage.

Mengenal dasar dasar Flash CS
Colors : Digunakan untuk mengatur atau memanipulasi suatu objek.

Mengenal dasar dasar Flash CS
Options : Merupakan bagian dari toolbox, yang akan tampil saat mengaktifkan salah satu ikon dari toolbox.Setiap ikn toolbox memiliki option yang berbeda dengan ikon lain.


Mengenal dasar dasar Flash CS

  • Panels : Bagian dari flash CS berupa jendela dan berfungsi mengontrol atau memodifikasi berbagai atribut pada objek atau animasi secara cepat. Secara default, panel terdiri dari 4 bagian,antara lain:

Properties : Merupakan salah satu panel  yang berfungsi mengatur property objek yang aktif.

Mengenal dasar dasar Flash CS
Action : Bagian dari panels yang berfungsi memberikan aksi atau kerja terhadap suatu objek pada stage,frame,atau layer.

Mengenal dasar dasar Flash CS
Color : Panel yang berfungsi mengatur pewarnaan terhadap suatu objek secara lebih detil.

Mengenal dasar dasar Flash CS

Library : Panel yang digunakan sebagai tempat penyimpanan objek yang telah dibuat dan disimpan pada stage.

Mengenal dasar dasar Flash CS

Untuk lebih lengkapnya lagi bagaimana kegunaan kegunaan benda benda yang sudah saya sebutkan diatas silakan kamu lihat langsung video tutorialnya dibawah ini:



Mungkin segini aja postingan saya hari ini jika menarik silakan subscribe channel saya di atas lain waktu akan saya jelaskan lebih detail lagi tentang flash CS, seperti layer guide, shape tween, frame to frame animation, masking objek, gotoandstop dll
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment